Refleksi Materi Pemikiran Ki Hajar Dewantara

oleh : Leli Masitoh
PPG Prajabatan UNTIRTA



Menurut KHD, pendidikan membimbing semua kekuatan kodrat anak agar dapat mencapai rasa aman dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat. Pendidikan dan pengajaran adalah suatu usaha mempersiapkan dan menpendidiks segala kemaslahatan hidup manusia dan dalam kehidupan bermasyarakat dan kehidupan budaya dalam arti yang lebih luas (Ki Hajar Dewantara, 2009). Oleh karena itu, pendidik  hanya dapat mengarahkan pertumbuhan atau kehidupan kekuatan alam dalam diri anak untuk meningkatkan kehidupan dan pertumbuhan kekuatan alam anak.

Pendidikan merupakan  tempat untuk menabur benih-benih budaya dalam masyarakat. KHD percaya bahwa pendidikan adalah salah satu kunci terpenting untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab. Pendidikan dapat menjadi tempat untuk mengamalkan dan membudayakan nilai-nilai kemanusiaan yang dapat diwariskan. Peran seorang pendidik disini diibaratkan sebagai seorang petani atau tukang kebun yang tugasnya menpendidiks kebutuhan tanaman agar tumbuh dengan baik dan berbuah, tentu saja  tanaman yang berbeda diperlakukan berbeda. Artinya  kita sebagai pendidik harus mampu memenuhi segala macam kebutuhan peserta didik sesuai dengan metode pembelajaran yang berbeda (berpusat pada anak). Kita harus bisa memberikan kebebasan kepada anak untuk mengembangkan ide, berkreasi, mengembangkan keterampilan/minat peserta didik (belajar bebas), namun kebebasan ini bukan berarti kebebasan mutlak, kita perlu bimbingan dan arahan dari pendidik agar anak tidak tersesat. . . di jalan dan menempatkan diri Anda dalam bahaya.

Karena tujuan  pendidikan adalah untuk fokus pada peserta didik, peserta didik dan peserta didik. Pendidik adalah orang yang dijadikan penuntun, jadi peran pendidik dalam mengajar adalah membimbing, membimbing peserta didik dalam menemukan dan menemukan konsep-konsep teoritis, dan membantu mereka menerapkan konsep dan teori yang dipelajarinya. Sebagaimana pendidik menjadi pemimpin yang membebaskan dan memimpin dengan memberi contoh, mendorong, mendorong dan melindungi peserta didik, pendidik menjadi fasilitator dan motivator pembelajaran sebagai pembelajar peserta didik.

Selain dari tujuan pendidikan dasar pendidikan selanjutnya yaitu pengembangan karakter yang mana ini disebut dengan budi pekerti yang memiliki pengertian sebagai perpaduan dari pikiran, perasaan dan kemauan sehingga dapat menghasilkan semangat. Hal ini menjadi aspek penting yang harus diperhatikan karena ini menjadi modal dasar dari kebahagiaan yang berperi-kemanusiaan dan merupakan kunci keselarasan dan keseimbangan dari kehidupan.

Konsep pendidikan yang diusung ialah dalam pelaksanaanya harus berpihak kepada peserta didik dan harus memerdekakan pendidikan yang berdasar pada profil pelajar pancasila. Sebagaimana slogan KHD yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho (di depan memberi teladan), Ing Madya Mangun Karso (di tengah membangun semangat, kemauan), Tut Wuri Handayani (di belakang memberi dorongan). Untuk melaksanakan pendidikan ini seorang pendidik harus bisa berkolaborasi dengan Tri Pusat Pendidikan). Sebagi pendidik juga kita harus bisa menuntun anak pada kebebasan belajarnya untuk mendapatkan kebahagiaan dan keselamatan sesuai kodrat yang dimilikinya.

Refleksi

setelah mempelajari materi mengenai konsep pemikiran ki Hajar Dewantara saya dapat memahami dengan betul bahwa setiap anak memiliki kodratnya masing masing, sebagai pendidik juga kita harus bisa memfasilitasi pendidikan yang memerdekakan peserta didik. Sebagai seorang pendidik harus bisa memposisikan bahwa sikap sikap kita untuk menyamaratakan kemampuan anak itu harus segera dihilangkan stigmanya karena hal itu mencerminkan belum tertanamnya pemikiran konsep pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran.

Seletah mempelajari ini juga saya dapat memahami bahwa peran pendidik harus bisa multifungsi terutama dalam memberikan tuntunan yang baik dan menyenangkan. Hukuman- hukuman yang diberikan kepada peserta didik juga dapat memenjarakan kemampuan peserta didik sehingga sebagai seorang pendidik harus memiliki sifat dan sikap yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Pelaksanaan pembelajaran juga dapat memanfaatkan model-model pembelajaran dan menyususn strategi terbaik untuk melaksanakan pembelajaran.

Terima Kasih

Semoga bermanfaat :)

Comments

Popular posts from this blog

BIODATA IQBAL CJR

BAGIAN BAGIAN MIKROSKOP