KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA
KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMIKIRAN
KI HAJAR DEWANTARA
Oleh : Leli
Masitoh
PPG Prajabatan
UNTIRTA
Ki
Hajar Dewantara ialah salah satu tokoh penggerak di bidang pendidikan,
pemikiran pemikiran yang luar biasa lahir dari seorang Ki Hajar Dewantara. Pemikiran
luar biasa ini mengenai dasar-dasar pendidikan. Ki Hajar Dewantara mengemukakan
bahwa antara pendidikan dan pengajaran merupakan satu kesatuan dan saling
terikat antara yang satu dengan yang lainnya. Dimana, pengajaran merupakan
bagian dari pendidikan yang memungkinkan proses pendidikan memiliki manfaat
unuk kecakapan hidup anak baik secara lahir maupun batinnya dan pendidikan
membantu untuk membimbing peserta didik agar mampu mencapai hak nya sebagai
seorang manusia baik untuk kehidupan sendiri maupun kehidupan bermasyarakat.
Ki
Hajar Dewantara memberikan perumpamaan seorang pendidik itu petani atau tukang
kebun yang memilliki tanggung jawab menjaga dan memastikan tumbuhannya tumbuh
dengan baik, namun tidak menyamakan perlakukan pada tanaman yang berbeda. Sehingga
hal ini apat dipahami bahwa sebaagi seorang pendidik harus bisa melaksanakan
pembelajaran yang berorientasi kepada kebutuhan peserta didik. Sebagai pendidik
kita harus bisa memnyediakan fasilitas untuk peserta didik diberikan kebebasan
dalam mengelola pembangunan kemampuannya baik pada pengembangan ide, dapat
berfikir kreatif, dapat mengembangkan minat dan bakatnya dengan konsep merdeka
belajar.
Pemikiran
Ki Hajar Dewantara juga memaparkan bahwa dasar pendidikan anak erat kaitannya
dengan 2 kodrat diantaranya yaitu kodrat alam dan kodrat zaman. Disini sebagai
pendidik kita mendapatkan rambu penting dalam melaksanakan pembelajaran dimana
harus mengutamakan dari mana peserta didik berasal untk mengetahui
karakteristiknya dan bagaimana kebutuhan perkembangan zaman. Pembelajaran merdeka
ini diterapkan untuk menyiapkan siswa memiliki kecakapan abad 21 agar peserta
didik bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan zamannya. Pembelajaran yang
merdeka ini memberikan ruang untuk peserta didik merasakan kebahagiaan pada pembelajaran
yang tentunya ketika pendidik bisa memberikan perlakukan dengan baik kepada
anak maka hal ini akan memberikan umpan balik yang sesuai dengan pemikiran ki
hajar dewantara.
Refleksi
Setelah
mempelajari materi ini, saya dapat memperoleh informasi dan pembelajaran yang
amat sangat penting tentang bagaimana memberikan pembelajaran yang dapat
mencapai tujuan pembelajaran dengan baik tanpa melanggar kodrat dari peserta
didik itu sendiri, saya juga dapat mengetahui bahwa oh seperti ini ternyata
pembelajaran yang baik itu. Seringkali saya berniat untukmembuat anak bisa
terhadap materi yang saya ajarkan namun ternyata hal itu dapat membelenggu
kemampuan anakdi bidang yang lainnya. Saya juga harus bisa dalam penerapannya
menyiapkan model-model pembelajaran yang memungkinkan mendukung merdeka
belajar.
Demikian
kesimpulan dan refleksi saya tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara
Semoga
bermanfaat
Comments
Post a Comment