KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA

 

KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA

Oleh : Leli Masitoh

PPG Prajabatan UNTIRTA

Ki Hajar Dewantara ialah salah satu tokoh penggerak di bidang pendidikan, pemikiran pemikiran yang luar biasa lahir dari seorang Ki Hajar Dewantara. Pemikiran luar biasa ini mengenai dasar-dasar pendidikan. Ki Hajar Dewantara mengemukakan bahwa antara pendidikan dan pengajaran merupakan satu kesatuan dan saling terikat antara yang satu dengan yang lainnya. Dimana, pengajaran merupakan bagian dari pendidikan yang memungkinkan proses pendidikan memiliki manfaat unuk kecakapan hidup anak baik secara lahir maupun batinnya dan pendidikan membantu untuk membimbing peserta didik agar mampu mencapai hak nya sebagai seorang manusia baik untuk kehidupan sendiri maupun kehidupan bermasyarakat.

Ki Hajar Dewantara memberikan perumpamaan seorang pendidik itu petani atau tukang kebun yang memilliki tanggung jawab menjaga dan memastikan tumbuhannya tumbuh dengan baik, namun tidak menyamakan perlakukan pada tanaman yang berbeda. Sehingga hal ini apat dipahami bahwa sebaagi seorang pendidik harus bisa melaksanakan pembelajaran yang berorientasi kepada kebutuhan peserta didik. Sebagai pendidik kita harus bisa memnyediakan fasilitas untuk peserta didik diberikan kebebasan dalam mengelola pembangunan kemampuannya baik pada pengembangan ide, dapat berfikir kreatif, dapat mengembangkan minat dan bakatnya dengan konsep merdeka belajar.

Pemikiran Ki Hajar Dewantara juga memaparkan bahwa dasar pendidikan anak erat kaitannya dengan 2 kodrat diantaranya yaitu kodrat alam dan kodrat zaman. Disini sebagai pendidik kita mendapatkan rambu penting dalam melaksanakan pembelajaran dimana harus mengutamakan dari mana peserta didik berasal untk mengetahui karakteristiknya dan bagaimana kebutuhan perkembangan zaman. Pembelajaran merdeka ini diterapkan untuk menyiapkan siswa memiliki kecakapan abad 21 agar peserta didik bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan zamannya. Pembelajaran yang merdeka ini memberikan ruang untuk peserta didik merasakan kebahagiaan pada pembelajaran yang tentunya ketika pendidik bisa memberikan perlakukan dengan baik kepada anak maka hal ini akan memberikan umpan balik yang sesuai dengan pemikiran ki hajar dewantara.

Refleksi

Setelah mempelajari materi ini, saya dapat memperoleh informasi dan pembelajaran yang amat sangat penting tentang bagaimana memberikan pembelajaran yang dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik tanpa melanggar kodrat dari peserta didik itu sendiri, saya juga dapat mengetahui bahwa oh seperti ini ternyata pembelajaran yang baik itu. Seringkali saya berniat untukmembuat anak bisa terhadap materi yang saya ajarkan namun ternyata hal itu dapat membelenggu kemampuan anakdi bidang yang lainnya. Saya juga harus bisa dalam penerapannya menyiapkan model-model pembelajaran yang memungkinkan mendukung merdeka belajar.

Demikian kesimpulan dan refleksi saya tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara

Semoga bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

BIODATA IQBAL CJR

BAGIAN BAGIAN MIKROSKOP